Jumat, 21 Maret 2014

Profil Kecamatan Benua Lima

I.PENGANTAR
PNPM-MPd,PNPM Integrasi Dikecamatan Benua Lima Dalam Proses Pelaksanaannya Dari Tahun 2008-2013 Berjalan dengan baik dan lancar,meski memang ada beberapa kendala tetapi semuanya dapat diselesaikan dengan dialog,musyawarah & mufakat.
Pada prinsipnya kegiatan PNPM ini sangat disambut baik oleh semua lapisan masyarakat,karena kegiatan pemberdayaan masyarakat ini langsung menempatkan masyarakat sebagai subyek,yang mencakup kelompok dan kelembagaan masyarakat yang mengikat secara satu kesatuan dari perencanaan,pelaksanaan,pengambilan keputusan dan pelestaria serta transparan
Akhir kata kami segenap pelaku PNPM dan seluruh masyarakat Se-Kecamatan Benua Lima menghaturkan banyak terimakasih atas adanya Program PNPM ini.
1.KONDISI UMUM DAERAH
Kecamatan Benua Lima mempunyai luas wilayah 258 km2 atau 0,17 % dari luas Kalimantan Tengah sebesar 153.564 km2, yang terbagi atas 6 desa, 1 Kelurahan.

Secara administratif pemerintahan, wilayah ini berbatasan dengan :
a.Sebelah Timur berbatasan dengan Kecamatan Patangkep Tutui
b.Sebelah Barat berbatasan dengan Kecamatan Jenamas
c.Sebelah Utara berbatasan dengan Kecamatan Dusun Timur
d.Sebelah Selatan berbatasan dengan Kecamatan Kelua Prov.Kal-Sel
GEOGRAFIS WILAYAH
Kecamatan Benua Lima merupakan salah satu kecamatan yang ada di Kabupaten Barito Timur Yang berbatasan langsung dengan Provinsi Kalimantan Selatan sehingga penduduknya sudah bercampur baur dengan penduduk Kalimantan Selatan.
Selain pnduduk asli Suku Dayak Maanyan,Suku.Banjar,suku Jawa dan Lain – lain.
2.Kependudukan
Penduduk  Kecamatan Benua Lima pada akhir tahun 2009 berjumlah 6.290 jiwa.
Selengkapnya tingkat kepadatan penduduk di masing-masing kecamatan sebagaimana tabel di bawah ini.

3.Potensi Sumber daya Alam
Kecamatan Benua Lima terdiri dari 6 desa dan 1 kelurahan mayoritas masyarakatnya bergantung dibidang usaha dagang, petani karet, dan bekerja di pertambangan bara PT.ADARO INDONESIA yang merupakan wilayah tambang Kabupaten Tabalong Provinsi Kal – Sel tetapi jajan haoling masuk wilayah Barito Timur,sehingga banyak peluang bagi masyarakat Barito Timur untuk memperoleh lapangan pekerjaan khususnya masyarakat sekitar.   
Program Nasional Pemberdayaan Masyarakat
Program Nasional Pemberdayaan Masyarakat (PNPM) Mandiri Perdesaan digulirkan secara Nasional pada April 2011 dan terus dilaksanakan hingga saat ini.




0 komentar:

Posting Komentar