Jumat, 21 Maret 2014

Profil Kecamatan Paku

1.Kondisi Umum Daerah
Kecamatan Paku merupakan salah satu kecamatan yang ada di Kabupaten Barito Timur dengan luas wilayah sebesar 272 km2 yang terbagi menjadi 12 desa.

Secara administratif kecamatan Paku berbatasan dengan ;
a.Sebelah Utara berbatasan dengan kecamatan Dusun Tengah
b.Sebelah Timur berbatasan dengan kecamatan Pematang Karau
c.Sebelah Barat berbatasan dengan Kecamatan Karusen Janang
d.Sebelah Selatan berbatasan dengan Kecamatan Awang
Topografi Kecamatan Paku terbagi dalam 3 kawasan yaitu ;
1.Kemiringan lahan landai meliputi; Desa Tampa, Desa Kalamus, Desa Simpang Bangkuang, Desa Kupang Baru dan Desa Tarinsing.
2.Kemiringan lahan sedang meliputi ; Desa Runggu Raya, Desa Patung, Desa Tarinsing, Desa Bantai Napu, Desa Pangkan dan Desa Paku Beto.
3.Kemiringan Curam meliputi desa Gandrung.
Sementara itu Kecamatan Paku dilintasi beberapa sungai kecil dapat dilihat di table.


2.Kependudukan
Berdasarkan sensus penduduk tahun 2012 (SP2010) jumlah penduduk di Kecamatan Paku mencapai 7.554 jiwa yang terdiri atas 3.903 laki-laki dan 3.651 perempuan serta kepadatan penduduk 28 jiwa/km2. Secara umum jumlah penduduk laki-laki banyak dibandingkan dengan penduduk perempuan. Hal ini ditunjukan oleh nilai sex ratio yang nilainya lebih besar dari 100.
3.Struktur Perekonomian
Struktur perekonomian yang ada di Kecamatan Paku mendominasi pada sector pertanian diikuti dengan sector-sektor yang lainnya.
a.Sektor Pertanian
Sektor pertanian merupakan sector yang sangat berperan penting dalam perekonomian Kecamatan Paku karena mayoritas keluarga di kecamatan ini merupakan keluarga pertanian. Tahun 2012 jumlah keluarga petani di Kecamatan Paku sebanyak 1.742 keluarga.
b.Sektor Industri dan Energi
Sektor industry di Kecamatan Paku tampaknya masih belum berkembang dengan maksimal, meskipun telah terdapat beberapa industry pengolahan seperti kerajianan anyaman dibeberapa desa, namun hal ini masih bersifat industri kecil dan kerajinan rumah tangga. Sementara itu untuk bidang energy masih ada 4 desa yang belum merasakan fasilitas listrik PLN yaitu desa Runggu Raya, Tarinsing, Bantai Napu dan Gandrung.
c. Sektor Perdagangan
Berdasarkan data dari Dinas Perindustrian dan Perdagangan Barito Timur jumlah pedagang yang terdaftar di Kecamatan Paku tahun 2010 berjumlah 2 pedagang menengah dan 19 pedagang kecil/pengecer. Kecamatan paku memiliki 7 unit bangunan pasar permanen dan 3 unit pasar tanpa bangunan.
d. Sektor Transportasi, Komunikasi dan Pariwisata
Di Kecamatan paku masih terdapat desa-desa dengan jenis permukaan jalan utama terluasnya masih diperkeras dengan jalan tanah sehingga mempengaruhi kegiatan perekonomian masyarakat desa.
Bendungan irigasi yang ada di Desa Tampa merupakan salah satu objek wisata yang cukup diminati oleh masyarakat Kabupaten Barito Timur.


0 komentar:

Posting Komentar