Rabu, 16 Juli 2014

PARTISIPASI YANG DINAMIS DI DESA TURAN AMIS....



Desa Turan Amis merupakan Desa yang awalnya adalah lokasi Transmigrasi, yang kemudian secara definitif menjadi desa di wilayah Kecamatan Raren Batuah. Dalam mengikuti kegiatan PNPM-Mandiri Perdesaan – Integrasi, desa ini selalu menunjukan tingkat partisipasi yang tinggi, setiap Musdes rata-rata yang hadir diatas 30 orang.
Foto 1 : Pekerja sedang melakukan pekeraan Pemasangan Batu telfod Desa Turan Amis
Pada tahun 2014 ini desa Turan Amis kembali berpartisipasi dalam kegiatan PNPM-Mandiri perdesaan , kegiatan yang dilaksanakan adalah Jalan Telfod Lingkungan desa. Kegiatan telah dimulai sekaj Mei 2014, dengan alokasi dana Fisik sebesar Rp. 93.471.500, disalurkan sebesar Rp. 31.043.600. Kegiatandikoordinir oleh Pengurus TPK Ketua :  Wawan Bendarahar a : Karnali dan Bendahara : Sunarmin. Pekerjaan dilakukan selama 6 hari efektif oleh 15 orang Pekerja, dan telah menyelesaikan penyusunan telfod sepanjang 300m, kegiatan hanya menyisakan penimbunan dan pemadatan.
Jika melihat perbandingan kemajuan fisik dilapangan dengan penyaluran dana BLM dari UPK ke TPK, tentu tidak dapat dipercaya, namun partisipasi masyarakat yang cukup tinggi, atas kerjasama masyarakat, TPK dan Suplayer sepakat untuk menyelesaikan pemasangan batu telfod hingga 100%, sedangkan untuk penimbunan dan pemadatan  tetap menunggu penyaluran BLM tahap berikutnya.
Description: E:\PNPM-MPd TA 2014_BARITO TIMUR\FOTO\7. FOTO Juli 14\20140711_124700.jpg
Foto : 2. Kegiatan untuk pemasangan Batu Telfod 100%
Menyikapi  wacana pengurangan alokasi BLM APBN Ketua TPK Wawan, dan Kader Teknis  Pelesmanto Turan Amis menngungkapkan akan mensosialisasikan hal tersebut kepada masyarakat melalui tahapan MDPJ, untuk membahas kemungkina solusi yang tepat dan sesuai kondisi  pekerjaan, namun demikian harapan dari TPK dan pelaku Desa lainya agar wacana Pemotongan BLM APBN ini tidak akan terealisasi, mengingat progres kegiatan di Desa mencapai 80%. Harapan lain dari mereka adalah tahun anggaran 2015 PNPM tetap berlanjut, mengingat selama pembangunan di desa lebih cepat terealisasi dari  PNPM-MPd yang secara langsung dikerjakan oleh masyarakat secara swakelola dan sesuai dengan apa yang diusulkan oleh masyarakat.

Description: E:\PNPM-MPd TA 2014_BARITO TIMUR\FOTO\7. FOTO Juli 14\20140711_124341.jpg
Foto 3 :  Faskab bersama Pelaku PNPM-MPd- Inetgrasi Kecamatan Raren Batuah dan Desa Turan Amis

0 komentar:

Posting Komentar